Shinji Okazaki terbaik di Asia dan Mahrez di Afrika

ACEHFOOTBALL — Dua pemain andalan juara bertahan Liga Inggris Leicester City, Riyad Mahrez dan Shinji Okazaki menjadi pemain terbaik didua benua; Asia dan Afrika.

Riyad Mahrez dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika 2016 oleh Konfederasi Sepakbola Afrika (CAF). Mahrez berhasil mengungguli nama pemain tekanal lainya yang juga masuk dalam nominasi tersebut.

Striker Borussia Dortmund asal Gabon, Pierre Emerick Aubameyang dan penggawa Liverpool dari Senegal, Sadio Mane adalah saingannya.

Mesin gol The Foxes tersebut berhasil mengumpulkan suara sebanyak 361 pemilih.
Sedangkan Aubameyang dengan perolehan 313 suara di posisi kedua, sementara Mane menarik 186 dukungan di urutan ketiga.

Pemain 25 tahun tersebut kali pertamanya dalam kiprah karier sepakbola masuk dalam nominasi “Player of the Year” pada tahun ini.

Tercatat Mahrez mampu menyumbangkan torehan menakjubkan dengan 17 gol dan 10 assist pada persaingan Premier League musim lalu.

Sedangkan Okazaki yang berasal dari Jepang, resmi terpilih sebagai Pemain Terbaik Asia 2016 yang diselenggarakan media asal China, Titan Sports.

Baca Juga :   Liga 3: Persada Abdya, Klub Pertama Lolos

Sama seperti rekannya, Mahrez, keberhasilan merengkuh penghargaan tersebut tak terlepas dari gelar juara Premier League 2015-2016 yang diraih oleh Leicester.

Memang, tak banyak yang menyangka bahwa Leicester bakal menjadi juara. Bahkan, bursa taruhan menyebut Leicester hanya punya peluang sebesar 5000/1.

Okazaki dkk menjadi juara pada musim selanjutnya karena sanggup mengoleksi 81 poin dari 38 laga, mengungguli Arsenal dan Tottenham Hotspur.

Okazaki menjadi Pemain Terbaik Asia 2016 setelah mendulang 126 poin. Ia mengungguli gelandang lincah asal Uni Emirat Arab yang bermain di klub Al Ain, Omar Abdurahman (123 poin).

Adapun pada posisi ketiga hingga kelima secara berurutan diraih oleh Son Heung-min (Tottenham Hotspur), Sardar Azmoun (Rostov FC), dan Leonardo (Jeonbuk Hyundai).

Editor: Indra