ACEHFOOTBALL — Pimpinan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) provinisi se-Indonesia melakukan deklarasi Nol Kilometer Indonesia di Kota Sabang sebagai bentuk dukungan kepada Aceh-Sumut untuk menjadi tuan bersama pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024.

Deklarasi itu ditandai dengan pembubuhan tandatangan pada plakat deklarasi oleh masing-masing pimpinan KONI provinsi se-Indonesia.

Seperti diketahui, sebanyak 31 KONI provinsi se-Indonesia berkumpul di Pulau Sabang untuk mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi dan Silaturrami sejak tanggal 6 hingga 8 April 2014. Pertemuan tersebut dihadiri oleh pimpinan KONI provinsi baik dari Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

“Kita mohon kesediaannya saudara-saudara KONI provinsi untuk memberikan tandatangan sebagai bentuk deklarasi dukungan. Deklarasi ini kita namakan Deklarasi Nol Kilometer Indonesia,” kata Ketua Umum H. Muzakir Manaf usai makan siang di Gapang, Sabtu (7/4).

Sebelumnya, rombongan yang hampir seratusan peserta ini telah berkunjung ke Tugu Nol Kilometer. Turut mendampingi Ketua Umum KONI Aceh antara lain, Ketua Harian H. Kamaruddin Abu Bakar, Sekum M. Nasir, MPA, para Wakil Ketua. Sementara dari KONI Sumut hadir langsung Ketua Umun Jhon Ismady Lubis beserta para pengurus.

Baca Juga :   Lawan Maluku Utara, Tiga Pemain Aceh Absen

Di Gapang para pimpinan KONI se-Indonesia silih berganti menandatangani Deklarasi Nol Kilometer Indonesia. Tujuh puluh persen peserta adalah para Ketua Umum KONI masing-masing provinsi, sementara sisanya diwakili oleh wakil ketua atau sekretaris umum.

“Ini (penandatangan deklarasi) semakin menambah keyakinan kita bahwa kawan-kawan dari KONI provinsi yang hadir (di Sabang) akan memberikan dukungan kepada Aceh dan Sumut pada bidding nanti,” kata Muzakir Manaf.

Sementara Ketua Umum KONI Sumut Jhon Ismady Lubis juga menyampaikan hal serupa. Di hadapan para pimpin KONI Provinsi se-Indonesia ia mengatakan, deklarasi di pulau titik awal Indonesia dianggap sebagai penguat surat dukungan yang telah diberikan sebelumnya kepada Aceh dan Sumut.
“Mudah-mudahan dukungan ini akan menjadi kenyataan pada saat bidding nanti,” kata Jhon memberi sambutan usai penandatangan deklarasi. “Aceh-Sumut tuan rumah PON 2024!” tegas Ericson, Ketua Umum KONI Sulteng usai memberikan tandantangan.

Bidding akan dilaksanakan di Jakarta akhir April 2018.